Jumat, 30 Maret 2012

Resume 5

Analisis Pendapatan Nasional Untuk Perekonomian Tertutup Sederhana dan Pertumbuhan Ekonomi

Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh masyarakat / pemilik faktor produksi suatu negara dalam waktu satu tahun atas penyerahan faktor produksinya. Pendapatan nasional dengan perekonomian tertutup sederhana dua sektor adalah produk nasional netto dikurangi pajak tidak langsung ditambah subsidi.

Pendapatan nasional dengan perekonomian tertutup sederhana dua sektor merupakan penjumlahan dari :
1. Gaji yang diterima oleh karyawan
2. Pendapatan seseorang yang melakukan bisnis individu
3. Keuntungan perusahaan
4. Pendapatan bunga selisih dari perusahaan
5. Pendapatan sewa

Model analisis dengan variabel investasi tabungan adalah pengeluaran yang akan digunakan untuk memproduksi barang dan jasa yang lebih banyak lagi. Tujuannya adalah mencari keuntungan dikemudian hari melalui pengoperasian mesin dan pabrik.

Inflasi adalah kenaikan harga secara umum selama satu tahun. Ketika terjadi inflasi, uang yang beredar lebih banyak daripada jumlah barang dan jasa yang tersedia. Ada tiga jenis inflasi, yaitu :
1. Inflasi tarikan permintaan (demand-pull inflation)
2. Inflasi desakan biaya (cost-push inflation)
3. Inflasi karena pengaruh impor (imported inflation)
Besarnya nilai inflasi merupakan salah satu ukuran untuk menentukan baik buruknya kondisi perekonomian suatu negara. Negara yang perekonomiannya baik, tingkat inflasi yang terjadi berkisar antara 2-4% per tahun. tingkat inflasi tersebut merupakan tingkat inflasi yang rendah. Sedangkan tingkat inflasi yang tinggi berkisar antara 7-10% per tahun.

Pertumbuhan tenaga kerja yang lebih besar dibandingkan dengan pertumbuhan lapangan pekerjaan yang rendah, membuat pengangguran semakin banyak. Pengangguran adalah penduduk usia kerja (15-64 tahun) yang tidak / belum mendapatkan pekerjaan. Pengangguran inilah yang menjadi salah satu masalah utama dalam perekonomian di setiap negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Transparent Teal Star Multi-Colored Light Pointer