Rabu, 14 Maret 2012

Resume 1

Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran

Permintaan (demand) adalah sejumlah barang / jasa atau kebutuhan lainnya yang dibeli / diminta pada berbagai tingkat harga dan waktu tertentu.
Hukum Permintaan berbunyi "Jika harga suatu barang meningkat, maka permintaan terhadap barang tersebut akan turun. Sebaliknya, jika harga barang menurun, maka tingkat permintaan terhadap barang itu akan naik". Jadi, hukum permintaan merupakan hubungan negatif antara tingkat harga barang dengan permintan barang tersebut.

Pada kurva permintaan, jika pergerakan kurva semakin ke kanan, maka permintaan bertambah dengan harga yang menurun. Sedangkan, jika pergerakan kurva ke kiri, maka permintaan berkurang dan harga meningkat.


Penawaran (Supply) adalah sejumlah barang / jasa yang dijual atau ditawarkan pada berbagai tingkat harga dan waktu tertentu.
Hukum Penawaran berbunyi "Jika harga barang meningkat, maka penawaran terhadap barang tersebut akan meningkat juga. Sebaliknya, jika harga barang menurun, maka penawaran pada barang tersebut juga akan turun". Jadi, hukum penawaran merupakan hubungan yang berbanding lurus atau searah antara tingkat harga dengan penawaran barang.


Pada kurva penawaran, pergeseran kurva ke kanan atau ke bawah menyatakan penawaran meningkat dan harga pun meningkat. Sebaliknya, jika kurva bergeser ke kiri atau ke atas, maka penawaran berkurang dengan harga yang menurun pula.

Titik keseimbangan (equilibrium) adalah titik temu antara kurva permintaan dan penawaran. Harga keseimbangan ini terbentuk secara alami .

Pada permintaan dan penawaran berlaku hukum Cateris Paribus, yaitu keadaan dimana faktor-faktor lain dianggap tetap. Faktor disini adalah faktor yang mempengaruhi permintaan atau penawaran. Seperti tingkat pendapatan, selera masyarakat, harga barang subsitusi, perkiraan harga yang akan datang dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Transparent Teal Star Multi-Colored Light Pointer