Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah sikap konsumen yang mau mengeluarkan uang sebagai sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhannya dan demi mencapai suatu kepuasan tertentu. Faktor yang mempengaruhi konsumen ada dua, yaitu faktor internal dan eksternal.
Faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri sendiri, dalam hal ini berarti berasal dari diri konsumen sendiri. Faktor tersebut diantaranya adalah motivasi, gaya hidup, kepribadian dan lain-lain. Faktor eksternal adalah faktor yang mempengaruhi konsumen yang berasal dari luar / lingkungan konsumen. Seperti, kebudayaan, keluarga, kelas sosial, dan faktor lainnya.
Tingkat kepuasan yang dialami oleh konsumen tergantung dari barang yang dikonsumsi, maksudnya adalah jika barang yang dikonsumsi semakin besar maka tingkat kepuasannya pun semakin tinggi, begitu juga sebaliknya. Namun pada konsumen yang rasional, memaksimalkan tingkat kepuasan disesuaikan pada tingkat pendapatannya.
Elastisitas mengukur seberapa besar kepekaan konsumen pada perubahan harga. Ada 4 macam konsep elastisitas, yaitu
- Elastisitas harga permintaan
- Elastisitas harga penawaran
- Elastisitas silang
- Elastisitas pendapatan
E > 1 : Elastis
E < 1 : Inelastis
E = 1 : Unitary / seimbang
E = 0 : Inelastis sempurna
E = ~ : Elastis sempurna
Tidak ada komentar:
Posting Komentar