Minggu, 15 April 2012

Ponsel dan Populasi Manusia



Pernah ga sih kalian berfikir atau mungkin sempat terlintas sedikit di pikaran kalian kalau pada suatu hari jumlah ponsel atau handphone yang beredar akan lebih banyak dari jumlah penggunanya, maksudnya lebih banyak dari jumlah populasi manusia? Hal itu memang bisa saja terjadi, karena toh tidak ada yang tidak mungkin terjadi. Tapi menurut saya hanya sedikit kemungkinan hal itu bisa terjadi. Karena, walaupun produksi ponsel pasti akan semakin bartambah, populasi manusia juga tetap bertambah, jadi paling tidak saling beriringan.


Tapi setelah saya membaca artikel yang membahas tentang hal ini, katanya jumlah ponsel (telepon seluler) akan lebih banyak dari populasi manusia dan akan terjadi hanya dalam waktu beberapa tahun mendatang, yaitu sekitar tahun 2016. Itu artinya hanya 4 tahun dari sekarang dunia ini akan dipenuhi oleh miliaran ponsel. Hal ini adalah hasil analisa dari Credit Suisse. Prediksi Credit Suisse ini semakin menguatkan analisa yang pernah dirilis sebelumnya oleh Cisco mengenai hal yang sama. Cisco yang merupakan salah satu vendor teknologi jaringan itu pernah mengemukakan kalau di tahun 2016 nanti akan ada lebih dari 10 miliar perangkat mobile dengan jumlah populasi manusia sekitar 7,3 miliar. Artinya hampir setiap orang akan memiliki atau menggunakan lebih dari satu ponsel.

Prediksi Cisco dan Credit Suisse sepertinya benar, karena sekarang saja sudah banyak orang yang menggunakan lebih dari satu ponsel. Contohnya teman-teman saya, tidak sedikit dari mereka yang memiliki ponsel lebih dari satu. Ada yang satu hanya ponsel biasa dan satu lagi smartphone, ada juga yang kedua-duanya smartphone, dengan bebagai merk tentunya (rata-rata sih BlackBerry dan Samsung). Penggunaan smartphone yang lebih dari satu ini sepertinya paling banyak penggunanya.

Persaingan antar produsen ponsel, terutama smartphone, yang semakin hari semakin banyak mengeluarkan produk-produk dengan inovasi barunya inilah yang membuat akhirnya para konsumen tergiur memilikinya. Dengan adanya fitur-fitur yang berbeda pada setiap smartphone, konsumen yang awalnya sudah memiliki smartphone pasti penasaran dengan smartphone lainnya, akhirnya akan mencoba menggunakan smartphone yang lain juga. Kalau sudah begitu, sudah pasti akan semakin banyak orang yang memiliki perangkat mobile lebih dari satu. Jika setiap tahun semakin banyak orang yang memiliki ponsel lebih dari satu, bukan tidak mungkin hasil analisa dari Cisco dan Credit Suisse memang benar akan terjadi.



Buat kalian yang mau tau berita lengkapnya, postingan diatas saya ambil sedikit dari sini dan dari sini. Dari kedua sumber itu ada sedikit penjelasan tentang analisanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Transparent Teal Star Multi-Colored Light Pointer