Jumat, 13 April 2012

Mengenal Instagram

Mungkin untuk beberapa pengguna iOS, baik iPad, iPhone ataupun iPod Touch sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Aplikasi yang dinobatkan sebagai iPhone App of The Year ini menjadi salah satu aplikasi olah foto paling populer di dunia mobile photography. Instagram ini sebenarnya hampir sama dengan aplikasi foto dan filter lainnya yang biasanya digunakan untuk mengedit atau memberikan efek-efek tertentu pada foto. Instagram juga mirip seperti flickr, picasa, google+, facebook dan media lainnya untuk mengunggah dan berbagi foto kepada pengguna lainnya.

Tapi kenapa sepertinya aplikasi gratis ini sangat begitu populer semenjak dirilis pada oktober 2010? Padahal instagram ini awalnya hanya tersedia untuk pengguna iOS looh.. Instagram juga tidak ada versi dekstopnya, jadi hanya pengguna mobile phone saja yang bisa menikmatinya. Nah kalau begitu apa yang menjadi kelebihan instagram dibanding aplikasi sejenis lainnya? Sebenarnya saya juga tidak tau hehe.. karena saya belum mendownloadnya jadi belum bisa mencobanya. Tapi, dari beberapa sumber yang saya baca, mungkin beberapa hal berikut ini yang menjadikan instagram begitu populer.

Contoh tampilan instagram
Pertama, proses pengambilan foto yang cepat dan mudah. Kemudian foto yang dihasilkan oleh instagram dibalut dengan warna yang unik, jadi kesannya seperti foto jadul.  Instagram juga terintegrasi dengan media-media sosial, jadi pengguna instagram lebih mudah untuk memamerkan hasil fotonya pada orang lain. Karena instagram juga merupakan media sosial, jadi didalamnya terdapat beberapa fitur seperti jejaring sosial lainnya. Misalnya, followers dan following, tanda suka atau “like”, tanda arroba (@) dan juga fitur lainnya, seperti memeberikan judul pada foto, komentar pada foto, label atau kategori foto dan masih banyak lagi fitur lainnya karena dalam setiap versi terbarunya pasti ada fitur baru juga yang ditambahkan. Jadi Instagram ini mengkombinasikan fotografi bergaya retro dengan pengintegrasian ke social media. Mungkin beberapa hal tadi yang membuat aplikasi foto ini menjadi sangat digilai. 

Instagram yang hanya bisa digunakan pada iOS saja sudah begitu banyak yang menggunakannya, apalagi kalau aplikasi ini dibuat untuk smartphone lain seperti Android, pasti penikmat instagram akan semakin banyak. Tapi tenang saja, untuk para pengguna mobile phone selain iOS tidak usah iri, karena  ada kabar gembira untuk para pengguna smartphone Android. Ya, sejak awal april kemarin Instagram sudah resmi dirilis untuk Android dan sudah bisa di download secara gratis di Google Play. Kabarnya instagram juga akan ada versi dekstopnya loh.. sekarang kita tunggu saja apakah instagram juga akan dibuat untuk smartphone terpopuler di Indonesia, BlackBerry?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Transparent Teal Star Multi-Colored Light Pointer