Minggu, 30 Oktober 2011

Macam Organisasi

Macam-Macam Organisasi dari Segi Tujuan

Organisasi dapat dilihat dari berbagai segi, yaitu dari jumlah puncak pimpinan, dari segi keresmian, segi tujuan, segi luas wilayah, segi sosial dan segi bentuk. Berikut ini akan dibahas mengenai organisasi dari segi tujuan. Macam-macam organisasi dari segi tujuan yang hendak dicapai dibedakan menjadi organisasi niaga / ekonomi, organisasi sosial / masyarakat dan organisasi regional & internasional.

Organisasi Niaga 

Organisasi niaga adalah organisasi yang memiliki tujuan utama untuk mencari keuntungan. Adapun organisasi niaga tersebut diantaranya adalah :
1. Perseroan Terbatas (PT)
2. Perseroan Komanditer (CV)
3. Firma (Fa)
4. Koperasi
5. Joint Venture
6. Trust
7. Kartel
8. Holding Company

Organisasi Sosial 

Organisasi Sosial adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara. Sebagai makhluk yang hidup bersama-sama, manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri.
Jalur pembentukan organisasi kemasyarakatan :
1. Jalur Keagamaan
2. Jalur Profesi
3. Jalur Kepemudaan
4. Jalur Kemahasiswaan
5. Jalur Kepartaian dan Kekaryaan

Organisasi Regional dan Internasional

Organisasi regional merupakan organisasi yang luas wilayahnya beberapa negara tertentu saja. Contohnya adalah ASEAN. Sedangkan organisasi internasional merupakan organisasi yang anggota-anggotanya meliputi negara di dunia. Contohnya adalah PBB.


referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Transparent Teal Star Multi-Colored Light Pointer