Minggu, 20 April 2014

Sekilas Tentang PT. MetraPlasa

Beberapa waktu yang lalu, saya dan teman-teman mendapat lowongan untuk magang di sebuah perusahaan yang bernama PT. MetraPlasa. Sebelum menerima pekerjaan tersebut, kami mencari tahu sedikit tentang perusahaan tersebut, dan ternyata MetraPlasa adalah salah satu anak perusahaan PT. Telkom (Telkom Metra) yang bekerja sama dengan e-Bay. Untuk lebih jelasnya, saya akan membahas sedikit tentang Metraplasa berikut ini.

Awal Mula

Nama MetraPlasa merupakan gabungan dari PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra) dan Plasa.com. Mungkin sudah banyak yang tahu tentang Plasa.com yang  merupakan salah satu portal terbesar di Indonesia yang menyediakan layanan layanan forum, email, Komunitas Sekolah Indonesia, blog, web chat, Plasa messenger, dan termasuk juga layanan banner. Namun PT Telkom melahirkan kembali Plasa.com sebagai portal dari online marketplace di Indonesia. Sedangkan PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra) adalah strategic investment holding company yang bergerak di industri Informasi, Media & Edutainment, and Services (IMES).

TelkomMetra didirikan pada tanggal 28 Mei 1997, dengan portofolio bisnis Pay TV. Pada tahun 2003 PT Telekomunikasi Indonesia Tbk mengakuisisi 99,99 % saham METRA dan mulai mengembangkan portofolio bisnis Calling Card berbasis Switch dan VoIP. Pada tahun 2005, TelkomMetra mulai melakukan ekspansi usaha dibidang komunikasi data berbasis satelit VSAT ( Very Small Aperture Terminal).

Tahun 2008 merupakan tonggak sejarah bagi TelkomMetra dengan bertransformasi menjadi sebuah strategic investment holding company yang terus tumbuh dan berkembang hingga saat ini menjadi pemain utama portofolio berbasis IMES di Indonesia.

Kerjasama


Memasuki 2012 Metra menginisiasi kerjasama dengan partner global di bidang e-commerce, eBay. Sebagai hasilnya, pada tanggal 17 September 2012 kerjasama dengan eBay direalisasikan dengan membentuk perusahaan patungan (Joint Venture) dengan nama PT Metra Plasa.

Kemitraan antara dua perusahaan tersebut diyakini dapat menyatukan kekuatan, di mana Telkom dikenal sebagai perusahaan telecommunication, information, media and edutainment (TIME) serta network provider terbesar di Indonesia, dengan eBay sebagai perusahaan online marketplace terbesar di dunia sekaligus pemimpin industri mobile commerce.

Kemitraan strategis dengan pemimpin di industri e-commerce dunia ini diyakini dapat meningkatkan penetrasi pasar dan menghubungkan MetraPlasa dengan ratusan juta merchant, baik lokal maupun global dan menjadikan TelkomMetra pemimpin pasar e-commerce (C2C) di Indonesia dan di wilayah regional.

Kemitraan dengan eBay juga untuk membantu sektor UKM di Indonesia untuk memasarkan produknya di pasar global, dan memungkinkan konsumer lokal menikmati pilihan produk yang lebih bervariasi.

http://blanja.com/Dari hasil kerjasama tersebut lahirlah sebuah situs jual beli online blanja.com. Menurut saya, situs inilah yang yang berperan sebagai "e-Bay" atau dengan kata lain, blanja.com adalah e-Bay nya Indonesia.









Referensi :
http://www.metra.co.id/id/metra-group/
http://www.metra.co.id/id/about-metra/
http://www.investor.co.id/home/telkom-ebay-patungan-dirikan-metraplasa/34080
http://jambi.net/2011/01/plasa-com-situs-yang-hampir-terlupakan/

2 komentar:

Transparent Teal Star Multi-Colored Light Pointer