Senin, 04 November 2013

Pengantar Telematika

Jika kita mendengar kata "Telematika" pasti langsung teringat dengan seseorang yang sangat identik dengan sebutan "pakar telematika" yang sekarang sudah menjabat sebagai Menpora. Ya, Roy Suryo. Telematika tampaknya sangat identik dengannya, beliau sangat fasih setiap kali diwawancara yang berhubungan dengan telematika. Lalu, apa sebenarnya telematika itu? Pada postingan kali ini, saya akan membahas secara singkat mengenai definisi telematika, perkembangannya dan trend telematika ke depannya.

Definisi Telematika


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_FrrE9ku6T8u7sWmzxF5x_cW-h6MvSvBhjX8ujyozoneFmBMPgmoJC_W8jCTOTVI8p2mfaF_enG8FSezbmm0x3qfqwaeldfIoHq7Dj-UWVmJoeFItjkyp-GB_NdtVz5vdBdxX4J5RgYc/s1600/New+Picture.png


Istilah telematika pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya yang berjudul " L'informatisation de la Societe". Telematika berasal dari bahasa Perancis, yaitu "Telematique". Menurut para praktisi "Telematics" merupakan paduan dari dua kata, yaitu "Telecommunication" dan "Informatics" sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication.


Menurut Instruksi Presiden RI No. 6 Tahun 2001 tentang kerangka kebijakan perkembangan dan pendayagunaan telematika di Indonesia didapat pengertian telematika, yaitu "... Telekomunikasi, media, dan Informatika atau disingkat sebagai teknologi Telematika ...". Telematika diartikan sebagai singkatan dari 'tele = telekomunikasi', 'ma = multimedia', dan 'tika = informatika'. Menurut Miarso (2007) telematika merupakan sinergi teknologi telekomunikasi dan informatika untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem binary (digital).

Istilah Teknologi dan Komunikasi (ICT = Information and Communication Technology) yang lebih dikenal sekarang ini bermaksud memperluas pengertian telematika. Jadi, dapat disimpulkan bahwa telematika merupakan konvergensi antara teknologi telekomunikasi, media, dan informatika yang digunakan untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem digital.

 
Perkembangan Telematika

Telematika pada awalnya dikembangkan disisi internet. Ketika komputer tersebar luas kebutuhan akan suatu cara mudah untuk menukar data tumbuh berkembang. Perkembangan telematika di Indonesia mengalami tiga periode berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat. Ketiga periode tersebut adalah :

1. Periode Rintisan (1980-an)

Memasuki tahun 1980-an, teknologi informasi, telekomunikasi, dan multimedia mulai banyak digunakan. jaringan telepon, saluran televisi nasional, stasiun radio nasional dan internasional, serta komputer mulai dikenal dan digunakan di Indonesia, walaupun penggunaannya masih terbatas.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQdNw9Bt6mkj69tmpNk5h2fG4yAWRfCfjQ8Y81oedXwR_49Vwg1z4S-7VYwYzvB01Ims2zRkKQnrMOCZztisuQATzh6COOqwcqUiHIjFRcdWFFfze10NjRZtdRtXRmjivEUg7leQao9hM/s1600/telematika1.jpg

2. Periode Pengenalan (1990-an)

Pada tahun ini, masyarakat sudah mulai banyak yang mengenal dan menggunakan teknologi telematika. Pada awal tahun 1990-an, jaringan radio amatir yang jangkauannya sampa ke luar negeri cukup marak di Indonesia.

3. Periode Aplikasi (mulai tahun 2000)

Pada awal milenium inilah Pemerintah Indonesia serius menaggapi perkembangan telematika dalam bentuk keputusan politik. Teknologi mobile phone juga begitu cepat pertumbuhannya. Kita bisa lihat dengan jelas bagaimana perkembangan telematika pada periode ini. Teknologi informasi, komunikasi dan lain sebagainnya yang berhubungan dengan teknologi begitu sangat cepat tumbuh dan berkembang. Masyarakat Indonesia pun sudah hampir seluruhnya mengenal "dunia" telematika, karena mudahnya akses yang ditawarkan sekarang ini.

Selain ketiga periode tersebut, perkembangan telematika juga mengalami dua masa, yaitu masa pra-satelit dan masa satelit.
 
Perkembangan Telematika dan Kaitannya dengan Komputer


Dalam kaitannya dengan komputer, telematika diterapkan dalam beberapa hal, yaitu :

>  E-government

E-government dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Dengan e-government pemerintah dapat menjalankan fungsinya melalui sarana internet yang tujuannya adalah memberi pelayanan kepada masyarakat secara transparan, sekaligus lebih mudah dalam pengaksesan informasinya. E-government juga dimaksudkan untuk meningkatkan interaksi antara pemerintah dan masyarakat, juga antar institusi pemerintah lainnya.

>  E-commerce

E-commerce dihadirkan untuk melakukan proses perdagangan / transaksi jual beli secara elektronik. Jangkauan e-commerce tidak hanya secara nasional, tapi juga internasional. E-commerce juga sering diistilahkan dengna e-business. E-banking juga termasuk dalam kategori ini.

> E-learning

Di Indonesia sudah berkembang dan bahkan sudah banyak di gunakan pembelajaran dengan menggunakan konsep e-learning. Konsep pembelajaran ini tidak lagi bertatap muka secara langsung seperti kegiatan belajar mengajar biasanya, melainkan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan media internet. Pembelajaran tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Pembelajaran dapat dilakukan kapanpun dan dari manapun secara online. Tidak hanya kegiatan belajar mengajar saja, tetapi kegiatan akademik lainnya juga dapat diakses dengan internet.



Trend Telematika Kedepan

Mengenai trend telematika ke depan, itu merupakan kebebasan individu untuk mengembangkan dan menjadikannya sebagai suatu trend, walau hanya sesaat, di dalam masyarakat. Perkembangan yang dilakukan harus dengan tanggung jawab dan tidak melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Pemanfaatan TIK akan semakin terus dilakukan seiring dengan perkembangannya yang semakin cepat. Oleh karena itu, trend telematika ke depannya akan semakin berkembang dan semakin banyak yang menggunakan bahkan mungkin akan sangat dibutuhkan. 

Ada lima kelompok industri yang berperan besar dalam perkembangan telematika ke depannya, yaitu :
1. Infrastruktur Telekomunikasi
2. Infrastruktur Internet
3. Hosting Service
4. Transaction Type Service
5. Content / Knowledge Producer
 





Referensi :
http://uzi-online.blogspot.com/2012/10/definisi-perkembangan-dan-trend-kedepan.html
http://dee-x-cisadane.webs.com/apps/blog/show/19169220-sejarah-penerapan-dan-perkembangan-trend-telematika-ke-depan
http://aditpato7.wordpress.com/2011/10/11/definisi-telematika/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Transparent Teal Star Multi-Colored Light Pointer