Jumat, 18 Oktober 2013

Analisis E-Government

ANALISIS KINERJA SISTEM

ANALISIS E-GOVERNMENT PADA KOTA/KABUPATEN DI PROVINSI BANTEN



 


Disusun Oleh :
Devi Tantowi Khoeruman
Eka Fitri Rahayu
Gunarwin Ardhi Rukmana
Irma Leofany Tambunan
Jatnika Sari



Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
UNIVERSITAS GUNADARMA
2013

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Analisis Website Kota Serang


Lambang Kota Serang

Kota Serang memiliki website dengan alamat http://serangkota.go.id/ . Sebagai ibu kota Provinsi, website ini tidak terlalu up-to-date dan sangat buruk, karena banyak informasi-informasi dalam website yang datanya masih kosong dan belum tersedia. 

Menurut panduan dari KOMINFO (2003), isi minimal pada setiap website pemerintah daerah adalah : 

1. Selayang Pandang 
Menjelaskan secara singkat tentang pemda bersangkutan. Dalam website kota Serang fitur selayang pandang ini berisi sejarah, arti lambang, arti semboyan madani, dan pemerintah. Untuk visi dan misi tidak terdapat pada menu selayang pandang, tetapi terdapat pada menu humas. 

2. Pemerintah Daerah 
Dalam website ini tidak ada penjelasan mengenai struktur organisasi pemerintahan di kota Serang, baik eksekutif maupun legislatif. Begitu juga dengan profil dari pemerintah daerah yang sama sekali tidak ada dalam website ini, yang ada hanya foto walikota dan walikota saja tanpa dilengkapi profil atau biodatanya. 

3. Geografi 
Website ini hanya memberikan informasi mengenai batas wilayah, jumlah penduduk dan luas wilayah saja. Informasi tersebut secara singkat dijelaskan dalam selayang pandang pada bagian sejarah. 

4. Peta Wilayah dan Sumber Daya 
Website ini sudah memiliki peta wilayah dalam bentuk peta, tetapi tidak terdapat peta sumber daya, hanya ada peta wilayah administratif kota Serang. 

5. Peraturan / Kebijakan Daerah 
Website kota Serang belum mensosialisasikan kepada masyarakat luas tentang penjelasan peraturan atau kebijakan daerah. Dalam website ini memang terdapat fitur download yang berisi folder produk hukum, namun belum ada dokumen ataupun data dalam folder tersebut. 

6. Buku Tamu 
Website ini memiliki fitur pesan anda yang fungsinya sama dengan buku tamu sebagai tempat untuk menerima masukan dari pengguna ataupun sebagai tempat untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai informasi terkini seputar wilayah kota Serang. 


Tabel Unit Analisis dan Kategorisasi E-Government


No.
Unit Analisis
Bobot Nilai
Kategori
Bobot Nilai
Nilai Indikator
Nilai
Nilai Total
1.
Informasi Menu Utama Dalam Website
25%
Potensi Daerah
40 %
1
8%
5%
Komoditas Utama
30 %
1
6%
Kualitas SDM
30 %
1
6%
2.
Informasi Tambahan dalam fasilitas Website
20%
Tahap I
20 %
1
4%
6%
Tahap II
30 %
1
6%
Tahap III
50 %
2
20%
3.
Penyedia Hubungan
15%
G2C
40 %
4
32%
7%
G2B
30 %
1
6%
G2G
30 %
2
12%
4.
Aksesibilitas
10%
<10 Detik
100 %
3
100%
10%
10-30 Detik
70 %
> 30 Detik
50 %
5.
Design
10%
Animasi
30 %
2
12%
7%
Grafis
30 %
4
24%
Teks lengkap
40 %
4
32%
6.
Jumlah Tingkatan Informasi
20%
1 Tingkat
25 %
2
10%
8%
2 Tingkat
25 %
2
10%
3 Tingkat
25 %
1
5%
4 Tingkat
25 %
3
15%

Total
43%


Rumus dalam mencari Nilai adalah sebagai berikut :
Nilai = (Nilai Indikator / 5) * Bobot Nilai

Rumus dalam mencari Nilai Total adalah sebagai berikut :
Nilai Total = Jumlah Nilai tiap Unit * Bobot Nilai Unit

Total penilaian website adalah 43%

Penjelasan : 

1. Informasi Menu Utama Dalam Website 

a. Potensi Daerah 
Nilai indikator untuk kategori potensi daerah pada website ini adalah 1, yaitu sangat buruk. Hal ini dikarenakan informasi ataupun data mengenai potensi daerah yang ada dalam website tidak ada sama sekali. Walaupun pada website ini terdapat fitur potensi daerah yang terdiri dari bidang pertanian, pariwisata, investasi dan industri, tetapi tidak ada informasi sama sekali mengenai masing-masing bidang tersebut. 

b. Komoditas Utama 
Nilai indikator untuk kategori komoditas utama pada website ini adalah 1. Hal ini dikarenakan tidak ada informasi apapun dalam website ini mengenai komoditas utama yang dihasilkan oleh kota Serang. 

c. Kualitas SDM 
Nilai indikator untuk kategori kualitas SDM pada website ini adalah 1. Hal ini dikarenakan tidak adanya informasi mengenai kualitas SDM dalam website ini. Walaupun dalam fitur humas terdapat menu kependudukan, tetapi tidak ada informasi apapun didalamnya. 


2. Informasi Tambahan Dalam Fasilitas Website 

a. Tahap I 
Tahap I yang meliputi informasi pendidikan dan pengetahuan memiliki nilai indikator 1. Hal ini dikarenakan tidak adanya data, informasi ataupun berita-berita mengenai bidang pendidikan ataupun pengetahuan dalam website kota Serang. 

b. Tahap II 
Nilai indicator untuk tahap II yang merupakan informasi perniagaan adalah 1. Hal ini dikarenakan informasi tentang perniagaan pada website ini sangat buruk karena tidak ada sama sekali informasi yang diberikan mengenai perniagaan. 

c. Tahap III 
Nilai indicator untuk tahap III mengenai informasi secara umum diluar dari kegiatan pemerintahan maupun informasi khusus yang berkaitan dengan kegiatan pemerintahan kota adalah 2 atau buruk. Hal ini dikarenakan hanya terdapat berita pemerintah yang tidak up-to-date. 


3. Penyediaan Hubungan

a. G2C (Government to Citizen) 
Nilai indicator untuk kategori G2C adalah 4. Dalam hal penyediaan hubungan G2C website ini baik, karena dalam website tersebut sudah terdapat kontak, webmail dan buku tamu sebagai wadah untuk berkomentar ataupun menanyakan hal-hal atau berita seputar kota Serang. 

b. G2B (Government to Business) 
Nilai indicator untuk kategori G2B adalah 1. Hal ini dikarenakan penyediaan layanan G2B pada website ini sangat buruk karena tidak memiliki penediaan layanan G2B. 

c. G2G (Government to Government) 
Nilai indikator untuk kategori G2G adalah 2. Website ini memiliki dua hubungan G2G, sehingga dapat dikategorikan cukup. Hubungan G2G yang dimiliki website ini adalah pemerintahan daerah setingkat dan badan atau lembaga lain dibawah pemerintah setempat. 


4. Aksesibilitas 

Nilai indicator untuk aksesibilitas pada website ini adalah 5. Hal ini sesuai dengan hasil tiga kali percobaan yang dilakukan pada situs penghitung kecepatan jaringan yang beralamat di http://gtmetrix.com/. Dari ketiga percobaan tersebut, aksesibilitas website ini baik dengan hasil yang diperoleh sebesar 5.16 detik. 

(4.93 + 6.67 + 3.88) / 3  =  5.16 detik


5. Design 

a. Animasi 
Nilai indicator untuk kategori animasi adalah 2. Hal ini dikarenakan pada website ini desain animasi yang tersedia buruk. Dalam website ini hanya terdapat 1 kriteria penilaian animasi, yaitu tersedianya animasi dalam website. 

b. Grafis 
Nilai indicator untuk kategori grafis adalah 4. Hal ini dikarenakan website ini sudah baik dalam hal desain grafis, dilihat dari perpaduan warna, ukuran huruf dan tata letak. 

c. Teks Lengkap 
Nilai indicator untuk kategori teks lengkap adalah 4. Hal ini dikarenakan penilaian website dalam hal teks lengkap yang baik dengan memiliki 3 kriteria penilaian, yaitu kelengkapan huruf, format penulisan, dan alignment. 


6. Jumlah Tingkatan Informasi 

a. 1 Tingkat 
Nilai indicator untuk kategori persiapan adalah 2. Hal ini dikarenakan pada website kota Serang, persiapan hanya menampilkan 1 informasi saja, yaitu informasi kelembagaan. 

b. 2 Tingkat 
Nilai indicator untuk kategori pematangan adalah 2. Hal ini dikarenakan pada website ini hanya terdapat 1 informasi yang berhubungan dengan tahap pematangan, yaitu link dengan lembaga lain. 

c. 3 Tingkat 
Nilai indicator untuk kategori pemantapan adalah 1. Hal ini dikarenakan informasi pada 3 tingkat dalam website ini sangat buruk karena tidak adanya tahapan pemantapan. 

d. 4 Tingkat 
Nilai indicator untuk kategori pemanfaatan adalah 3. Hal ini dikarenakan terdapat 1 pemanfaatan layanan, yaitu G2C yang berupa buku tamu / pesan anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Transparent Teal Star Multi-Colored Light Pointer